Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Benar - Cara Hebat
Ads Here

Friday, June 8, 2018

Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Benar




     Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Benar - Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Benar – Bagi semua pasangan suami istri kehamilan merupakan suatu anugrah yang sangat ditunggu-tunggu. Tidak hanya bagi pasangan itu sendiri yang merupakan calon ayah dan calon ibu, namun juga momen kehamilan ini begitu ditunggu-tunggu oleh orang tua maupun mertua dari pasangan suami-istri tersebut yang notabene merupakan calon kakek dan nenek.

     Momen-momen selama kehamilan merupakan momen-momen yang sangat berkesan dan tidak terlupakan buat para bunda/ calon ibu. Dimana seiring dengan perkembangan janin dalam kandungannya hari demi hari, minggu demi minggu, hingga bulan demi bulan akan sangat terasa perbedaannya bagi sang calon ibu. Itulah kenapa banyak dari pasangan khususnya ibu yang sangat ingin tahu perkembangan janinnya seiring usia kehamilannya. Namun karena tidak semua orang tahu bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar maka kebanyakan dari pasangan akan bertanya pada dokter kandungan maupun bidan yang notabene mengetahui cara menghitung usia kehamilan yang benar untuk memberi tahu berapa usia kandungan sang calon ibu.

     Hal ini sangat penting, karena dengan mengetahui usia kehamilan pasangan suami istri(calon ayah dan ibu) bisa mengetahui perkembangan janin dalam Rahim sang ibu. Itulah kenapa banyak pasangan suami istri yang ingin mengetahui bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar untuk mengetahui berapa usia kehamilan/ usia kandungannya tanpa harus bertanya ke dokter kandungan maupun bidan yang mengetahui bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar.

     Maka dengan melihat banyaknya calon ayah dan ibu yang ingin mengetahui bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar, kami putuskan untuk membuat artikel tentang bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar ini.

     Dimana dalam artikel tentang bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar yang akan kami bagikan ini memiliki beberapa metode perhitungan untuk menentukan usia kehamilan sang calon ibu. Tepatnya terdapat 6 cara menghitung usia kehamilan yang bisa calon ayah dan ibu pelajari, yakni :

    Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalender
    Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalkulator Kehamilan
    Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Sistem Fundus Uteri
    Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Pita Ukur
    Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Gerakan Janin
    Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Rumus 4 ?

Cara Menghitung Usia Kehamilan Yang Benar

Bagaimana cara menghitung usia kehamilan dengan kalender



     Metode pertama dari bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar ini menggukan kalender dalam perhitungannya. Cara menghitung usia kehamilan dengan kalender ini sangat cocok bagi kita yang ingin menghitung usia kehamilan berdasarkan pada HPHT yang merupakan singkatan dari Haid Pertama Haid Terakhir. Dimana metode ini menggunakan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) sebagai acuan untuk menentukan usi kehamilan pada ibu dan juga menentukan Hari Perkiraan Lahir (HPL).

     Asumsi yang biasanya digunakan oleh dokter yakni bahwa terjadinya pembuahan (konsepsi) pada hari ke-14 dari siklus menstruasi yang dialami wanita. Jadi dengan pengetahuan hari pertama dari periode terakhir tersebut, usia janin akan dapat dihitung.

     Namun yang menjadi masalah yakni, tidak semua wanita hafal jadwal menstruasinya, juga waktu ovulasi pada setiap wanita yang bisa berbeda pula, apalagi adan beberapa wanita yang siklus haidnya tidak teratur.

     Apabila seorang wanita mempunyai siklus menstruasi yang teratur contohnya per 28 hari, kita bisa menghitung HPL tersebut dengan menggunakan rumus Neagele seperti berikut ini :
    (Tanggal HPHT + 7), (Bulan Pada Saat Haid Terakhir – 3), (Tahun Pada Saat Haid Terakhir + 1)

Contoh

Mirna terakhir menstruasi tanggal 25 Desember 2015. Maka perhitungan HPL-nya adalah

(23+7), (12-3), (2017+1) = 30, 9, 2016

     Maka kesimpulannya HPL dari mirna adalah pada tanggal 30 September 2016. Perlu diketahui, Hal ini juga dapat kita gunakan  untuk menghitung usia dari kehamilan per tanggal 30. Dimana jika kita mengikuti perhitungan di atas maka pada tanggal 30 januari 2016 tersebut usia kehamilan mirna yakni berusia 1 bulan. Dan khusus untuk bulan yang tidak dikurangi 3 yakni januari-maret, ditambahkan dengan 9, dan untuk tahun tetap.

kalkulator kehamilan

     Cara menghitung usia kehamilan berikutnya yankni dengan menggunakan kalender. Dimana cara menghitung usia kehamilan ini bisa digunakan buat calon ayah dan ibu yang tidak ingin repot menghitung, karena hanya dengan memasukkan tanggal, bulan dan tahun dari hari pertama haid terakhir (HPHT) dan siklus haid anda maka akan terhitung otomatis oleh kalkulator kehamilan ini.

     Kalkulator kehamilan ini bisa ayah dan bunda dapatkan di internet secara gratis, atau jika tidak ingin repot mencari bisa gunakan kalkulator kehamilan berikut ini.

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Sistem Fundus Uteri


    Yang dimaksud dengan fundus uteri yakni puncak Rahim, dimana biasanya seiring perkembangan janin, puncak Rahim atau fundus uteri ini akan semakin meninggi. Inilah yang dapat ayah dan bunda gunakan untuk menghitung berapa usia kehamilan, caranya seperti yang akan kami paparkan berikut :

    Rabalah puncak Rahim atau fundus uteri yang terasa menonjoll pada bagian perut
    kemudian hitung jarak dari tulang kemaluan sampai puncak rahim
    Lalu bandingkan jarak tersebut dengan patokan standar seperti yang tertera di bawah ini

Berikut adalah patokan standar bila menggunakan metode fundus uteri

    12 minggu  13 di atas simpisis
    16 minggu  simpisis-pusat
    20 minggu  23 di atas simpisis
    24 minggu  Setinggi pusat
    28 minggu  13 di atas pusat
    34 minggu  pusat-prosessus xifoideus
    36 minggu  Setinggi prosessus xifoideus
    40 minggu  2 jari di bawah prosessus xifoideus

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Pita Ukur

                                                                         carahebat.com
     Cara berikutnya yang dapat kita gunakan untuk mengetahui usia kehamilan dari bunda yakni dengan menggunakan pita ukur. Namun cara ini hanya efektif dilakukan ketika usia kehamilan yang akan di hitung telah memasuki usia kehamilan 22-24minggu.

     Detail caranya yakni gunakanlah pita ukur (bisa menggunakan pita ukur yang biasa dipakai oleh penjahit) dan letakkan titik nol pada pita ukur pada tepi atas dari simfisis pubis, kemudian tariklah pita melewati garis tengah perut hingga pada puncak rahim. Lalu hasilnya dalam satuan centimeter tersebut bandingkan dengan patokan standar.

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Gerakan Janin


     Cara menghitung usia kehamilan berikut tergolong sebagai cara termudah namun tidak akurat 100%. Cara menghitung usia kehamilan ini cukup sederhanya, yakni jika janin di dalam perut bunda sudah mulai bergerak, maka bisa diprediksi usia kehamilan bunda antara 18-20 minggu bagi wanita yang pertama kali hamil, dan untuk wanita yang pernah hamil sebelumnya diperkirakan usia kehamilan mencapai 16-18 minggu.

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Rumus 4 ?
 

     Untuk cara yang terakhir dari artikel bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar ini yakni dengan menggunakan rumus 4. Bagaimana caranya menghitung usia kehamilan dengan rumus 4? Simak penjelasan kami berikut :

    Umur kehamilan [(tanggal sekarang – HPHT) x (4 ?)]

Contoh 

pada tanggal 28 Agustus 2005. Sedangkan HPHT adalah 17 Mei 2005. Maka begini cara menghitung usia kehamilannya :

Usia kehamilan = [(28-8) – (17-5)] x 4 ?

= (hari – hari), (bulan – bulan) (tahun – tahun) x 4 ?

= (28-17), (8-5) (tahun dihilangkan) x 4 ?

= 11 hari, 3 bulan x 4 13

Setelah itu kalikan dengan 4 ?, kecuali untuk hitungan hari.

= 3 bulan x 4 ? atau dapat tulis (3 bulan x 4) + (3 bulan x ?).

= 12 + 1

= 13 minggu

Lalu tambahkan dengan 11 hari.

= 13 minggu + 11 hari

Usia kehamilan = 14 minggu + 4 hari


     Sebagai catatan tambahan bahwa metode-metode cara menghitung usia kehamilan yang kami paparkan pada artikel bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar tersebut mempunyai tingkat akurasi yang berbeda-beda. Maka dari itu jika ayah dan bunda menginginkan hasil yang akurat silahkan melakukan pemeriksaan USG. Semoga artikel bagaimana cara menghitung usia kehamilan yang benar ini bisa bermanfaat buat para pembaca sekalian, terima kasih.

No comments:

Post a Comment