Panduan cara berternak dan budidaya lele dumbo bagi pemula - Cara Hebat
Ads Here

Sunday, June 10, 2018

Panduan cara berternak dan budidaya lele dumbo bagi pemula



    Panduan cara berternak dan budidaya lele dumbo bagi pemula – Lele dumbo merupakan salah satu jenis lele yang bisa dikatakan sangat popular bagi kalangan peternak lele di negeri ini. Hal tersebut dikarenakan memang lele dumbo dari segi tertentu bisa dikatakan “lebih unggul” jika dibandingkan dengan lele yang lainnya, yakni dari segi ukuran yang memang sesuai dengan julukannya yang lebih besar jika dibandingkan lele yang lain.
     Ketika memanennyapun lele dumbo lebih mudah jika dibandingkan dengan lele lainnya, dikarenakan patil dari lele dumbo yang terletak di bagian siripnya tidak terlalu tajam sehingga mudah dalam menangkapnya. Menurut beberapa sumber informasi yang dapat dipercaya , lele dumbo merupakan spesies lele yang berasal dari benua Afrika. 

     Dibalik kelebihan pada ukurannya yang lebih besar dibanding dengan lele lainnya, lele dumbo memiliki kekurangan pada dagingnya, dimana daging lele dumbo ini lebih lunak jika dibandingkan jenis ikan lele yang lain. Hal tersebut mengakibatkan daging lele dumbo ini menjadi mudah hancur saat di goring, namun hal tersebut tidak menjadi masalah berarti bagi mereka para peminat lele jenis ini. Hal ini bisa dilihat dari masih banyaknya permintaan terhadap lele dumbo ini, dan menjadi lele paling banyak dicari.
Daftar Isi :

1       1.    Peluang Budidaya Ikan Lele Dumbo

         2.    Bagaimana Cara Berternak / Budidaya Lele Dumbo yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

3.            3.    Panduan Cara Berternak dan Budidaya Lele Dumbo Dengan Media Kolam Terpal

4       4.  Bagaimana Mengkondisikan Kolam Terpal untuk Berternak/Budidaya Lele Dumbo yang Benar


Peluang Budidaya Ikan Lele Dumbo


     Jika kita membicarakan peluang dari budidaya ikan lele dumbo ini, bisa dikatakan bahwa lading bisnis dan peluangnya masih sangat terbuka lebar. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah permintaannya yang cukup banyak di pasar, tentu bisa dikatakan jika peluang bisnis budidaya dari lele dumbo ini mempunyai prospek yang cukup menjanjikan.


     Jadi buat para pembaca atau siapapun juga yang sedang bingung mencari mencari ide bisnis atau inspirasi bisnis apa yang menjanjikan bisa memasukkan bisnis budidaya lele dumbo ini sebagai salah satu pilihan untuk dipertimbangkan. Walaupun bisa dikatakan bahwa berternak / budidaya ikan lele jenis lele dumbo ini gampang-gampang susah, namun dengan kemauan belajar dan kerja kerat serta ulet InsyaAllah bisa berhasil.

     Alas an lain kenapa harus memilih lele dumbo untuk bisnis budidaya, yakni karena selain memepunyai pasar yang cukup menjanjikan juga ikan lele jenis ini mempunyai daya tahan hidup yang cukup bandel atau kuat jika dibandingkan dengan jenis lele lain, sekalipun harus hidup di air keruh bahkan berlumpur. Jadi perawatannya tentu akan lebih mudah dan tidak sesulit/seribet dengan jenis ikan lele lainnya.

     Bahkan untuk seorang pemula dalam bisnis ternak atau budidaya, jenis ikan lele dumbo ini merupakan pilihan terbaik dan paling cocok untuk anda coba terlebih dulu.
Berikut akan kami paparkan panduan cara berternak / budidaya lele dumbo yang baik dan benar bagi pemula.

Bagaimana Cara Berternak / Budidaya Lele Dumbo yang Baik Dan Benar Bagi Pemula


     Namun sebelum memulai berternak / budidaya lele dumbo ini, ada hal yang wajib diketahui dan di kuasai oleh para peternak, yakni para peternak haruslah mengusai pengetahuin tentang Bagaimana Cara Berternak / Budidaya Lele Dumbo yang Baik Dan Benar Bagi Pemula. Hal ini sangatlah penting guna menekan dan meminimalkan resiko gagal panen yang mungkin bisa terjadi, dan meningkatkan prosentase keberhasilan dari budidaya yang dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Jadi sangat disarankan bagi mereka yang ingin memulai beternak/budidaya lele dumbo untuk mempelajarinya terlebih dahulu ilmu terkait budidaya lele dumbo tersebut. Mulai dari pengetahuan dalam memilih bibit dari ikan yang baik, berikut cara perawatannya, hingga cara memberi makan sampai memanennya.

     Hal tersebut bisa kita dapatkan dari berbagai sumber, entah itu dari para peternak senior yang sudah lama menggeluti bisnis budidaya ini, ataupun dari sumber lain mulai dari buku-buku peternakan yang banyak beredar dipasaran hingga dari internet yang juga banyak memuat informasi tentang tutorial Bagaimana Cara Berternak / Budidaya Lele Dumbo yang Baik Dan Benar Bagi Pemula seperti yang sedang and baca saat ini.

     Jika pengetahuan tentang Bagaimana Cara Berternak / Budidaya Lele Dumbo yang Baik Dan Benar Bagi Pemula itu sudah anda dapatkan, maka selanjutnya tinggal menentukan media atau jenis kolam apa yang akan anda gunakan.

     Pada artikel berikut ini kami dari carahebat.com akan menjelaskan teknik budidaya/ternak lele dumbo yang banyak digunakan oleh para peternak lele dumbo saat ini, dimana hal ini kami dapatkan dari sumber artikel terpercaya. Kesimpulannya, kebanyakan dari para peternak yang terjun dalam bisnis budidaya lele dumbo ini menggunakan media kolam terpal sebagai kolamnya.

Panduan Cara Berternak dan Budidaya Lele Dumbo Dengan Media Kolam Terpal



     Seperti yang kami singgung di atas bahwa kami akan menulis cara budidaya / beternak lele dumbo dengan media kolam terpal yang notabene jamak digunakan oleh para peternak lele dumbo. Mungkin banyak dari pembaca yang bertanya perihal kenapa harus memilih menggunakan kolam terpal sebagai media budidaya lele dumbo ini? Jawabannya adalah karena penggunaan media kolam terpal sebagai tempat budidaya lebih praktis dan cenderung tidak terlalu ribet jika dibandingkan dengan kolam biasa pada umumnya, sehingga biaya yang harus dikeluarkanpun cenderung murah. Dengan keunggulan biaya / pengeluaran yang dapat ditekan tersebut menjadikan kolam terpal menjadi favorit banyak peternak sebagai media budidaya karena membutuhkan modal yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan kolam biasa. Hal ini tentunya juga sangat cocok bagi para pemula yang ingin dan masih mencoba terjun dalam bisnis budidaya lele dumbo ini, karena dapat meminimalisir kerugian jika terjadi kegagalan. Karena banyak dari peternak pemula yang mengalami kegagalan dalam budidaya pertamanya.

     Hal pertama sebelum membangun / membuat kolam terpal yang harus diperhatikan oleh para peternak yakni lahan dan lokasi. Selain itu peternak juga harus memperhatikan jumlah dari benih lele dumbo yang akan disebarkan, dimana hal tersebut harulah disesuaikan dengan luas kolam terpalnya.

Contoh : untuk sebuah kolam terpal yang memiliki ukuran 2 x 1 x 0,6 meter, maka benih lele dumbo yang harus disebar sebanyak 100 ekor.

     Model dari kolam terpal yang bisa digunakan oleh peternak lele dumbo sendiri ada dua macam, yakni yang pertama adalah kolam terpal yang diletakkan pada tanah yang digali yang menjadikan posisi kolam dibawah tanah, dan yang kedua adalah kolam terpal yang berad diatas tanah dengan menggunakan kayu / bamboo / besi sebagai penyangga atau dindingnya.



     Dimana dari kedua model tersebut yang banyak dipakai adalah model kolam yang kedua yang menggunakan kerangka tambahan sebagai dindingnya dan berada di atas tanah. Hal tersebut mungkin dikarenakan kemudahan dalam pembuatan, pembersihan hingga perawatannya.

Bagaimana Mengkondisikan Kolam Terpal untuk Berternak/Budidaya Lele Dumbo yang Benar

     Ketika kita memutuskan untuk membangun / membuat kolam terpal terdapat sesuatu yang perlu diperhatikan yang mendukung keberhasilan dan hasil yang maksimal. 

Berikut Bagaimana cara Mengkondisikan Kolam Terpal untuk Berternak/Budidaya Lele Dumbo yang Benar sebelum kolam terpal tersebut ditebari oleh benih ikan lele dumbo :
1       -  Kolam terpal harus dicuci dan disikan agar bau lem maupun zat kimia yang ada dan menempel     pada terpal menghilang.
2       -  Setelah selesai maka biarkanlah kolam terpal yang kita buat tersebut kering hingga 1 hari.
3       -  Selanjutnya isilah kolam terpal tersebut dengan air hingga mencapai setinggi 30cm dari permukaan tanah, kemudian biarkanlah air tersebut hingga 1 minggu.
   -  Setelah semua proses diatas maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan benih yang akan disebar. 

     Namun yang perlu diperhatikan bahwa jangan langsung menyebarkan benih lele dumbo ke dalam kolam terpal, apalagi jika benih tersebut yang baru kita beli dibungkus dengan plastic, maka masukkanlah benih tersebut terlebih dahulu kedalam ember yang berisi air dari kolam terpal, dan biarkan sejenak. Hal ini bertujuan agar benih lele dumbo tersebut secara perlahan dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

     Hal tersebut untuk menghindarkan benih dari lele dumbo mudah mati dikarenakan kekagetan berada dilingkungannya yang baru.

     Untuk pakan sendiri, lele dumbo biasanya akan bisa tumbuh besar dengan baik dan juga sehat jika diberi pakan organik. Dan untuk pemberian makanannyapun diharap jangan terlalu monoton.

     Demikianlah informasi tentang Panduan cara berternak dan budidaya lele dumbo bagi pemula yang dapat kami bagikan pada para pembaca kali ini, semoga ilmu pengetahun yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca yang membuka blog kami dan membaca Panduan cara berternak dan budidaya lele dumbo bagi pemula ini.


No comments:

Post a Comment