Faktor Penyebab Kanal Air Cepat Rusak

Musim penghujan merupakan ketika dimana banyak orang merasa was-was, khususnya mereka yang menjadi langganan banjir semisal di wilayah Jakarta. Tak mengherankan jikalau setiap ekspresi dominan hujan banyak orang yang merasa sedih, meskipun tak sedikit juga yang mencicipi kegembiraan. Seperti pernah saya tulisakan sebelumnya, salah satu faktor penyebab banjir ialah susukan air yang tidak ada, atau ada susukan air tapi tidak berfungsi dengan baik.
 Musim penghujan merupakan ketika dimana banyak orang merasa was Faktor Penyebab Saluran Air Cepat Rusak
Saluran yang sudah dibangun terkadang hanya berfungsi beberapa waktu saja, terutama ketika awal simpulan dibangun. Setelah beberapa bulan, banyak susukan yang sudah rusak. Terjadinya kerusakan pada susukan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, tiga diantaranya adalah:

1. Kurangnya pemeliharaan

Membangun memang lebih gampang daripada merawatnya, benar saja, banyak yang mengusulkan pembangunan susukan di wilayahnya, tapi ketika susukan sudah jadi tidak ada perawatan setelahnya. Pemeliharaan sangatlah penting, lantaran tanpa perawatan maka akan mempercepat susukan menjadi rusak atau tidak berfungsi. Pendangkalan saluran, tumbuhnya rumput, banyaknya sampah, ialah beberapa hal yang masuk akal terjadi ketika susukan tidak dirawat. Kalau sudah begitu, maka tak akan menunggu usang untuk melihat susukan menjadi rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

2. Kualitas susukan kurang baik

Apapun jenis pekerjaannya, kalau tidak dikerjakan dengan baik tentu saja jadinya juga kurang baik. Begitu juga dengan saluran, kalau dalam pengerjaannya asal-asalan, kualitas kurang baik, tentu saja akan menciptakan susukan menjadi cepat rusak. Perbandingan adonan adukan untuk pasangan susukan yang tidak sesuai standar merupakan hal yang umum di jumpai, bila kualitas susukan jelek maka susukan akan cepat mengalami kerusakan.

3. Diameter susukan tidak sebanding dengan debit air

Seperti pernah saya tuliskan disni, ada beberapa kesalahan ketika membangun saluran, salah satunya ialah mengenai perencanaan yang tidak tepat. Membuat susukan memang harus diadaptasi dengan kebutuhan, perlu mempertimbangakn kondisi debit air yang akan melaluinya. Misalkan saja debit air sangat besar, sedangkan diameter susukan tidak bisa menampungnya, bisa saja susukan akan cepat rusak lantaran terkena arus air yang besar.

Tiga faktor diatas merupakan penyebab susukan cepat rusak, semua lantaran faktor kesalahan manusia. Selain ketiga hal diatas, tentu masih ada faktor lain, contohnya saja lantaran faktor alam. Apapun itu, sebisa mungkin sejak perencanaan, peleksanaan pekerjaan, hingga hingga perawatan dilakukan dengan sebaik-baiknya semoga susukan baik dan berfungsi secara maksimal.

0 Response to "Faktor Penyebab Kanal Air Cepat Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel