Fungsi, Syarat, Dan Pertimbangan Pemasangan Pintu Dan Jendela

Setiap bangunan, khususnya rumah tinggal, niscaya terdapat pintu dan jendela sebagai pecahan wajib yang harus ada. Ada sebagian orang yang dalam menentukan dan memasang pintu dan jendela mempertimbangkan banyak factor, tapi tak sedikit pula yang hanya asal menentukan dan memasang, padahal ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan dalam pemasangan pintu dan jendela.
 niscaya terdapat pintu dan jendela sebagai pecahan wajib yang harus ada Fungsi, Syarat, dan Pertimbangan Pemasangan Pintu dan Jendela
Pemasangan Pintu dan Jendela
Fungsi Pintu dan Jendela

Pintu dan jendela merupakan konstruksi yang sanggup bergerak, bergeraknya pintu atau jendela dipengaruhi oleh perletakan/penempatan, efisiensi ruang dan fungsinya.

Dalam sebuah bangunan, pintu dan jendela memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai berikut:

Fungsi pintu:
Sebagai sarana lintas antara pecahan dalam dan pecahan luar bangunan. Selain itu, dalam aktivitas atau komunikasi antar ruang maka pintu sangat diperlukan.

Fungsi jendela 
Berikut ini beberapa fungsi dari jendela:
  • Sebagai penerangan alami ruangan
  • Sebagai pengatur suhu ruangan sirkulasi udara
  • Untuk melihat pemandangan atau situasi luar bangunan
Dalam perencanaannya, pemasangan pintu dan jendela sebaiknya mempertimbangkan banyak faktor. Setidaknya dalam merencanakan pintu dan jendela, ada 4 (empat) hal yang harus dipertimbangkan, yaitu :

1. Matahari
Sebagai sumber pengurangan dan penambahan panas, pintu dan jendela dalam peletakkannya sebaiknya diletakkan di sisi sebelah timur dan/atau barat.

2. Penerangan
Untuk menghasilkan penerangan alami sebuah ruangan, dengan menempatkan jendela erat sudut ruangan maka dinding didekatnya disinari cahaya akan memantulkan ke dalam ruangan.

3. Pemandangan
Jendela sebaiknya ditempatkan untuk memberi bingkai pada pemandangan. Ketinggian ambang atas jendela sebaiknya tidak memotong pemandangan orang yang duduk ataupun berdiri di dalam ruangan, juga jangan hingga kerangka jendela membagi dua atau lebih suatu pemandangan.

4. Penampilan
Penampilan pintu dan jendela juga perlu diperhatikan, sebab jendela akan sanggup menghipnotis penampilan eksterior rumah atau bangunan.

Persyaratan
Hal-hal yang dilarang dilupakan dari pemasangan pintu dan jendela dalam sebuah bangunan yaitu mengenai persyaratan yang harus dipenuhi, syarat-syarat tersebut diantaranya meliputi:
  • Pintu dan jendela yang dipasang sanggup bekerja dengan aman
  • Tahan terhadap dampak cuaca, untuk mendapat ketahanan terhadap cuaca maka materi yang dipakai untuk menciptakan pintu dan juga jendela harus dipilih dari materi yang baik, tidak gampang lapuk, tidak gampang mengalami kembang/susut (muai, melengkung)
  • Tidak ada celah/ cahaya yang tidak dikehendaki masuk, cuaca (suhu udara) masuk ke dalam ruangan.
  • Pintu dan jendela harus kuat
  • Dalam sebuah ruangan, minimal harus ada 1(satu) buah jendela
Demikian tadi sekilas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pintu dan jendela. Semoga dalam menentukan materi dan menentukan perletakkan pintu dan jendela yang baik dan benar sanggup memberi dampak faktual terhadap bangunan yang kita tempati. Karena, bagaimanapun juga pintu dan jendela merupakan salah satu factor yang menjadi penunjang utama dalam keindahan rumah dan juga memaksimalkan fungsi rumah atau bangunan yang kita tempati. Semoga bermanfaat.

(Disarikan dari Buku Teknik Konstruksi Bangunan Gedung Jilid 2, Untuk SMK, A.G Tamrin)

0 Response to "Fungsi, Syarat, Dan Pertimbangan Pemasangan Pintu Dan Jendela"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel