Kelebihan Gypsum / Ciri-Ciri Gypsum Yang Baik

Gypsum (dalam penulisannya kadang tertulis gipsum) merupakan salah satu material bangunan yang biasanya dipergunakan sebagai pengganti material dinding selain tripleks, kerikil bata, atau batako. Selain itu, gypsum juga biasa dipergunakan untuk plafon, dinding, dan partisi.
Plafon gypsum
Ada banyak alasan kenapa gypsum menjadi pilihan, diantaranya:

Cepat dan Praktis Dalam Pemasangannya
Untuk memasang gypsum bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Papan gypsum juga gampang dilubangi untuk pemasangan kabel atau yang lainnya, juga gampang diberi treatment khusus menyerupai disekrup. Selain itu, papan gypsum juga gampang diberi finishing dan ditekuk sesuai kebutuhan.

Lebih Ekonomis
Harga gypsum yang cukup terjangkau menciptakan pemasangan gipsum tergolong ekonomis, selain itu, pemasangannya tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga tukang. Dari segi kemapuan menahan panas, gypsum sanggup mengurangi energi listrik yang diharapkan AC untuk menyejukkan ruangan.

Lebih Kuat
Kenapa gypsum dikatakan kuat?, alasannya yakni pada umumnya papan gypsum bisa menahan beban hingga dengan 30 kg/m2. Dalam perkembangannya, papan gypsum sanggup menahan benturan-benturan badan insan serta furnitur menyerupai almari, meja, dingklik dan perabot lainya. Untuk lebih besar lengan berkuasa lagi menahan beban, pemasangan papan gypsum bisa memakai ukuran yang tebal atau dipasang secara berlapis.

Dapat Menghambat Api
Kenapa gypsum sanggup menghambat api?, alasannya yakni kandungan serat fiber dalam kerikil gypsum sekaligus sifat kertas yang melapisinya bisa menahan rambatan api dalam ruangan. Oleh kesannya papan gypsum dijadikan pilihan yang cukup terkenal populer untuk melapisi dinding tangga darurat di rumah atau gedung-gedung.

Mampu Menghambat Panas
Gypsum juga sanggup menghambat panas. Sifat tahan panas pada gypsum didukung oleh susunan komponennya yang tidak sepadat kerikil bata plesteran. Hal ini sanggup mengurangi kinerja pendingin ruangan bila pemasangan papan gypsum berbatasan pribadi dengan bab luar rumah.

Apa yang saya tulis diatas hanyalah beberapa alasan kenapa gypsum menjadi pilihan sebagai dinding maupun plafon rumah. Untuk menentukan papan gypsum yang baik, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan. Berikut ini ciri-ciri gypsum yang baik:
  • Permukaan gipsum rata dan tidak bergelombang
  • Kerapatan gypsum tinggi (tidak banyak pori-porinya)
  • Kertas terpotong rapi dan kalau di paku atau di sekrup kertas tidak robek
  • Berstandar internasional yaitu ASTM (American Society For Testing and Materials)
Demikian tadi sedikit ulasan mengenai gypsum beserta ciri-ciri gipsum yang baik. Memang setiap material mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dalam pemilihan material untuk bangunan diubahsuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan yang ada. Sekarang ini sudah beredar banyak pilihan gypsum dalam banyak sekali merek, oleh kesannya kita harus lebih selektif dalam memilih. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kelebihan Gypsum / Ciri-Ciri Gypsum Yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel