Faktor Penyebab Kebocoran Pada Atap Rumah

Musim hujan menjadi masa sibuk bagi mereka yang mengalami permasalahan atap bocor, lantaran dimusim inilah biasanya rumah yang awalnya nyaman untuk ditempati menjadi rumah yang tidak nyaman. Kebocoran pada atap memang tidak mengenakkan, namun mau tak mau inilah resiko dari sebuah bangunan, lantaran samakin usang usia bangunan biasanya permasalahan akan muncul dengan sendirinya, bahkan rumh gres pun terkadang juga sudah mengalami permasalahan kebocoran atap.
 Musim hujan menjadi masa sibuk bagi mereka yang mengalami permasalahan atap bocor Faktor Penyebab Kebocoran Pada Atap Rumah
Atap Bocor
Bagi rumah mengalami kebocoran, ada beberapa penyebab yang biasa menimbulkannya, diantaranya adalah:
  • Untuk rumah yang memakai atap dengan materi genteng, kebocoran atap biasanya disebabkan oleh: genteng yang sudah pecah/ retak, genteng yang tidak pas dari posisinya, adukan dibawah nok yang pecah atau rusak.
  • Untuk atap memakai dak atau cor beton, biasanya terjadi pecah atau retakan pada dak.
  • Konstruksi atap yang melengkung lantaran tidak besar lengan berkuasa menahan beban atap.
  • Kemiringan atap yang tidak pas. Karena kemiringan atap yang terlalu landai akan mengakibatkan air tidak bisa mengalirkan air dengan cepat sehingga air terlalu usang diatap dan dalam kapasitas yang banyak sehingga air membanjir dan mengalir dari sela-sela atap yang kosong sehingga menjadikan kebocoran. Untuk sudut kemiringan atap yang baik ialah 30-40 derajat.
  • Atap dengan materi asbes bisa jadi disebabkan asbes retak atau pecah.
  • Atap dengan materi seng bisa jadi lantaran seng ada yang bocor lantaran karat atau memang berlubang lantaran faktor lain, contohnya bekas lubang paku.
  • Sampah yang bertumpuk diatap, talang, atau pipa bisa menghambat fatwa air sehingga air menggenang dan akan mengalir dari sela-sela atap dan menjadikan kebocoran.
Faktor-faktor diatas merupakan citra umum penyebab terjadinya kebocoran pada atap. Sebisa mungkin harus jeli dikala perencanaan dan awal pembangunan rumah biar sanggup meminimalisir terjadinya kebocoran pada atap. Bila sudah terlanjur terjadi, harus dilakukan perbaikan biar atap yang bocor sanggup segera ditangani. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Faktor Penyebab Kebocoran Pada Atap Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel