Prosedur Atau Langkah-Langkah Pembuatan Paving Blok

Sebelumnya sudah dibahas mengenai pengertian umum paving blok, dan dalam goresan pena kali ini akan dibahas mengenai mekanisme atau langkah-langkah pembuatan paving. Untuk diketahui bahwa untuk menciptakan paving sanggup dilakukan sendiri alasannya yaitu proses pembuatannya tidaklah begitu sulit.

Cara pembuatan paving blockyang biasanya digunakan dalam masyarakat sanggup diklasifikasikan menjadi dua metode, yaitu :
  1. Metode Konvensional: Pembuatan  paving blok cara konvensional dilakukan dengan memakai alat gablokan dengan beban pemadatan yang kuat terhadap tenaga orang yang mengerjakan.
  2. Metode Mekanis: metode ini biasa disebut metode press. Metode ini masih jarang digunakan alasannya yaitu untuk pembuatan paving blok dengan metode mekanis membutuhkan alat yang harganya relatif mahal.
Praktek menciptakan paving blok
Data Teknis
Membuat paving blok dengan memakai jenis materi semen PC dan pasir pasang yang disaring dengan ayakan 1 cm dengan perbandingan gabungan yang telah diadaptasi dengan kebutuhan. Sedangkan mutu paving blok sanggup diadaptasi dengan penggunaan dan kebutuhan dengan cara mengolah perbandingan gabungan bahan.

Contoh:
  • Paving blok untuk halaman rumah biasanya dibentuk dengan perbandingan gabungan 1 PC : 5 pasir.
  • Paving blok untuk jalan biasanya dibentuk dengan perbandingan gabungan 1 PC : 3 pasir.
Prosedur Atau Langkah-Langkah Pembuatan Paving Blok

Berikut langkah-langkah atau mekanisme pembuatan paving blok dengan memakai metode konvensional:
  • Tentukan perbandingan gabungan yang akan dipergunakan (misal: 1 PC : 5 pasir atau 1 PC : 3 pasir).
  • Setelah materi ditakar sesuai dengan perbandingan campuran, campur dan aduk hingga rata dalam keadaan lembab.
  • Masukkan materi yang telah dicampur kedalam cetakan dan padatkan dengan cara ditumbuk-tumbuk dalam cetakan, lalu cetakan dibalik dan diangkat secara perlahan-lahan.
  • Setelah tercetak, simpan paving ditempat yang teduh dan lembab.
  • Setelah 24 jam, paving dilepas dari plat alasnya dan direndam dalam air selama 3 hari.
  • Selanjutnya paving diangin-anginkan dan diangkat selama 14 hari, sesudah kering paving siap digunakan sesudah umur 28 hari.
Demikian langkah-langkah untuk menciptakan paving blok, untuk cetakan paving biasanya banyak dijual dipasaran. Selamat mencoba, biar bermanfaat.

0 Response to "Prosedur Atau Langkah-Langkah Pembuatan Paving Blok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel