Definisi Dan Pengertian Umum Paving Blok

Menyebut paving blok mungkin sudah tak abnormal lagi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, sebab materi ini dipakai sebagai materi utama untuk perkerasan jalan, pekarangan atau taman.

Definisi Paving Blok
Paving block atau blok beton terkunci berdasarkan SII.0819-88 ialah suatu komposisi materi bangunan yang terbuat dari adonan semen portland atau materi perekat hidrolis lainnya, air dan agregat dengan atau tanpa materi komplemen lainnya yang tidak mengurangi mutu beton tersebut.

Sedangkan berdasarkan SK SNI T-04-1990-F, paving block ialah segmen-segmen kecil yang terbuat dari beton dengan bentuk segi empat atau segi banyak yang dipasang sedemikian rupa sehingga saling mengunci (Dudung Kumara, 1992; Akmaluddin dkk. 1998).

Pengertian Umum
Paving blok ialah kerikil cetak yang berasal dari adonan materi bangunan berupa pasir dan semen PC dengan perbandingan adonan tertentu, yang memiliki beberapa variasi bentuk untuk memenuhi selera pemakai. Penggunaan pavin blog ini diadaptasi dengan tingkat kebutuhan, contohnya saja untuk halaman rumah tentu berbeda dengan jalan maupun halaman parkir, sebab mutu paving yang dipakai berbeda. Untuk jalan atau halaman parkir mutu paving yang dipakai lebih baik dibanding dengan halaman rumah sebab muatan yang bekerja tidak sama.

Banyak alasan kenapa orang suka memakai paving blok, contohnya saja ketika siang hari halaman yang memakai paving blok tetap lebih nyaman (tidak terlalu panas) jikalau dibandingkan dengan halaman yang memakai aspal atau cor beton. Paving blok memiliki beberapa variasi bentuk yang indah, pemasangan dan perawatannya pun juga sangat mudah. Selain itu paving blok juga sanggup diproduksi sendiri dengan mudah.

Variasi bentuk paving blok sanggup dilihat menyerupai pada gambar dibawah ini:

Bentuk Paving Blok / pavingbloc.blogspot.com
 Beberapa variasi pemasangan paving bentuk persegipanjang sanggup dilihat menyerupai dalam gambar berikut ini:

Variasi pemasangan paving/ khedanta.wordpress.com

Demikian sekilas ihwal pengertian umum paving blok, dalam postingan berikutnya akan aku bahas mengenai langkah-lagkah pembuatan paving blok dan juga cara memilih harga paving. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Umum Paving Blok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel