Don't Miss

Anda Mau Membuat Passport? Berikut Cara Mudah Proses Membuat Passport

By on September 27, 2012

Passport Indonesia

Cara membuat passport tanpa calo . Untuk berpergian ke luar negeri selain menyiapkan tiket, hal lain yang penting untuk disiapkan adalah passport. Banyak orang berpikir bahwa mengurus passport adalah sesuatu yang merepotkan sehingga membuat orang enggan untuk membuat sendiri passportnya dan memilih menggunakan jasa calo. Namun anggapan itu tidak sepenuhnya benar, karena jika kita bisa memenuhi persyaratan yang diminta semua urusan pembuatan passport bisa diselesaikan dengan sesuai waktunya. Untuk saat ini membuat passport hanya membutuhkan waktu 3 – 4 hari kerja setelah proses interview, foto dan sidik jari.

Ada beberapa tips untuk lebih memudahkan proses pembuatan passport ini :

  1. Lakukan pengisian formulir di rumah. Untuk formulir ,map serta sampul paspor bisa diperoleh di loket yang tersedia. Harga formulir dengan sampul paspor Rp 7.000. Jika tanpa sampul Rp 5.000. Membuat passport on line dapat dilakukan dengan mengunjungi website www.imigrasi.go.id
  2. Pastikan semua dokumen persyaratan yang asli dibawa  berikut fotocopynya. (lihat dibawah tentang persyaratan membuat passport)
  3. Siapkan materai 6000 untuk surat kuasa/surat pernyataan.
  4. Siapkan alat tulis untuk melengkapi kolom isian.
  5. Berpakaian rapi, usahakan untuk menggunakan kemeja. Sekarang pengambilan foto dan interview dilakukan bersamaan di hari yang sama  dengan penyerahan berkas.
  6. Siapkan uang untuk pembayaran biaya pembuatan paspor, untuk paspor 48 halaman, biaya yang dikenakan Rp 255.000 (Dua ratus lima puluh lima ribu rupiah).
  7. Datanglah lebih pagi untuk bisa mendapatkan nomor antrian awal.
  8. Karena no antrian juga sudah dikuasai oleh calo-calo, jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas mengenai proses dokumentasi anda.

Persyaratan membuat passport, Dokumen yang harus disiapkan :

  • Bukti domisili : KTP, Kartu keluarga pastikan dua dokumentasi ini memiliki alamat yang sama. Jika anda sedang mengurus bukti domisili anda, bukti domisili bisa berupa resi KTP dilengkapi dengan surat keterangan pindah ke kecamatan.
  • Bukti identitas diri : ijazah/akta lahir/akta perkawinan bagi yang sudah menikah.
  • Surat pernyataan dari suami/istri untuk pendaftar yang sudah menikah, atau surat pernyataan dari orangtua untuk pengajuan paspor anak. Surat pernyataan dibubuhi materai 6000.
  • Surat keterangan dari organisasi/perusahaan/dinas bagi pendaftar yang bekerja sebagai karyawan/PNS/instansi lainnya.

Tahap-tahap prosedur membuat passport :

  1. Berangkatlah pada pagi hari agar mendapat urutan antrian terdepan, karena diatas jam 9 semakin banyak orang yang membuat passport mengantri. Gunakan atau bawa baju kemeja polos untuk sesi foto dalam membuat passport.
  2. Bawa semua dokumen asli dan fotocopy yang diperlukan sebagai bukti nantinya jika diminta oleh petugas.
  3. Ambil no antrian di loket meja depan, berkas fotocopy juga diserahkan ke petugas untuk diperiksa kelengkapan dokumennya.
  4. Pemeriksaan kelengkapan berkas oleh petugas, petugas akan meminta kita untuk menunjukan dokumen-dokumen asli dari berkas fotocopy yang kita serahkan sebelumnya.
  5. Pembayaran dan pencetakan kuitansi. Disini juga diberikan no antri baru untuk melakukan foto dan interview. Dalam kuitansi juga tertera tanggal untuk pengambilan paspor.
  6. Selanjutnya anda akan di interview oleh petugas imigrasi perihal tentang pengurusan passport tersebut, beberapa pertanyaan yang sering diajukan biasanya adalah, untuk apa membuat passport?, mau pergi ke negera mana?, Keluar negeri tujuan disana liburan atau mau kerja?, apa sudah beli tiket pulang pergi ke luar negeri?, apa sudah pernah punya passport sebelumnya?. Ada banyak macam pertanyaan yang akan diajukan, jawab saja dengan seyum dan santai.
  7. Begitu interview selesai petugas yang mewanwancarai tadi akan mengambil foto dan sidik jari anda. Sampai pada tahap ini passport anda telah diproses untuk diproses.
  8. Petugas akan mengabari kepada anda ketika passport telah selesai dibuat, pihak imigrasi akan menghubungi melalui sms. Prosesnya sekitar 4 hari kerja, bergantung kantor imigrasi setempat.

Harap untuk diperhatikan aturan tiap kantor imigrasi bisa berbeda dalam membuat passport, namun pada dasarnya hampir  sama. Pastikan anda membaca dengan baik setiap persyaratan yang dimintakan dan perhatikan gambar diagram cara pembuatan pasport yang digantung pada dinding kantor imgrasi tersebut. Bagaimana menurut anda, cukup mudahkan membuat passport sendiri tanpa menggunakan calo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>