Don't Miss

Cara Membuat CV Yang Baik dan Menarik

By on August 31, 2012

Curriculum Vitae

Melamar suatu pekerjaan pasti membutuhkan suatu profolio/resume, nah profolio ini biasanya disebut CV(Curriculum Vitae). Bagi mereka yang hendak melamar suatu pekerjaan yang diinginkan pasti harus membuat strategi menulis CV yang baik dan menarik. Kebanyakan para HRD akan menyisihkan lamaran-lamaran dengan isi CV yang biasa saja, lalu bagaimanakah membuat CV yang baik dan menarik agar kita dipanggil untuk interview.

Banyaknya lamaran yang masuk ke meja HRD tentu saja membuat mereka harus membaca dengan cepat. Jika CV yang dibuat tampak kelihatan biasa mungkin akan menurunkan tingkat antusiasnya. Nah bagaimanakah kira – kira cara membuat CV yang baik dan menarik itu??? mari ikuti langkah – langkahnya berikut ini :

1. Buat resume CV dengan singkat dan padat, cukup 2 -3 halaman saja.

2. Taruh Pass foto terbaik yang anda miliki dan tempatkan disudut kanan atas CV.

3. Sebutkan secara detail penghargaan apa saja yang telah anda dapatkan, apakah itu pada waktu masa pendidikan atau bekerja.

4. Membuat pengalaman kerja tentu saja adalah hal yang baik, namun sebutkan saja pengalaman kerja yang kira – kira sesuai dengan yang dibutuhkan untuk posisi yang dilamar.

5. Sebutkan keahlian yang dapat anda lakukan dengan baik, jika memiliki sertifikasi tentu saja ini menjadi nilai tambah, sebutkan hal tersebut dalam CV anda.

6. Pengalaman berorganisasi juga penting untuk disebutkan, karena dengan banyak berorganisasi pihak HRD dapat menilai bahwa anda adalah orang yang suka dengan kesibukan dan dapat mengatur waktu.

7. Masukkan beberapa kontak nama untuk merefensikan diri anda, jika anda telah pernah bekerja baiknya kontak HRD lama dituliskan, atau jika masih bekerja tuliskan kontak HRD perusahaan anda bekerja saat ini.

8. Jika dalam bentuk format pdf dan doc, usahakan ukuran filenya tidak lebih dari 150Kb.

Mungkin cara membuat cv yang baik dan menarik berbeda – beda bagi masing – masing individu, namun disini kami memberikan gambaran umum bagaimana CV anda nantinya dibuat dan dibaca oleh HRD hingga berpeluang untuk dipanggil interview.

2 Comments

  1. lisa_moy

    August 31, 2012 at 4:38 pm

    Oh iyah ada tambahan juga tuh….boleh juga disebutkan ke negara mana saja kita sudah travelling…jadi biar tahu HRDnya kita suka jalan2 dan pasti punya wawasan yang luas. :)

  2. Vicky_Mur

    August 31, 2012 at 4:41 pm

    Kalau buat CV sih bagi saya yang penting menyesuaikan aja dengan jabatan yang dilamar, entar terlalu tinggi kualifikasi kita HRDnya juga jadi segan ngajakin interview :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Content is Protected by صور