Don't Miss

Cara Memilih Jilbab /Pashmina sesuai dengan bentuk wajah

By on September 12, 2012

Jilbab, Foto By : http://www.flickr.com/photos/18827101@N02/

Saat ini kita melihat semakin banyak kaum wanita pengguna jilbab, menggunakan pashmina sebagai jilbab/hijab. Teknis pemakaian pashmina yang modis dengan variasi teknis pelilitan pashmina semakin menambah nilai penampilan si pengguna jilbab.

Pashmina adalah jenis kain berbahan wol kasmir yang namanya berasal dari bahasa Persia phasm yang artinya wol. Kain wol ini berasal dari kambing Persia yang hidup di Pegunungan Himalaya di Nepal, Pakistan dan India utara. Orang lokal menyebut kambing ini changtangi atau kambing pashmina.

Dalam pemakaian pashmina, kaum wanita perlu memperhatikan bentuk wajah, agar penggunaannya ini juga akan menunjang penampilannya. Berikut ini kami sajikan cara memilih jilbab atau jenis pashmina sesuai dengan bentuk wajah:

1. Bentuk wajah oval

Wanita yang memiliki wajah oval cukup beruntung karena mereka bisa menggunakan jenis jilbab/pashmina apa saja, mulai dari yang disematkan di tengkuk atau di dagu. Namun tentunya tidak lupa juga untuk melihat pada pemilihan warna yang tepat sesuai dengan warna kulit dan warna baju.

2. Bentuk wajah bulat

Kesulitan yang biasa ditemukan si wajah bulat adalah memilih jenis jilbab/pashmina yang tidak menonjolkan kebulatan wajahnya. Pilihan jilbab/pashmina yang disematkan di dagu, bagian jilbab sedikit ditarik ke depan untuk menutupi sedikit pipi dan rahang. Gunakan topi/undercaps sebagai tambahan, untuk yang berambut panjang sebaiknya rambut tidak di cepol karena akan memberikan refleksi bentuk kepala yang bulat. Pilihlah kain jilbab/pashmina yang ringan.

Hindari penggunaan jilbab/pashmina yang disematkan di tengkuk, juga pemakain yang terlalu menutupi dahi karena akan menampilkan refleksi wajah yang pendek.

3. Bentuk wajah persegi

Kesulitan bagi pemilik wajah persegi hampir sama yang dihadapi oleh si wajah bulat. Pilihlah bahan yang ringan/soft chifon. Pakailah jilbab/pashmina dengan bentuk bulat, untuk menutupi tulang rahang yang menonjol. Warna yang cocok adalah warna-warna lembut dan tidak mencolok, dengan pola kain polos atau berbunga-bunga.

4. Bentuk wajah lonjong

Bagi si pemilik wajah lonjong sebaiknya memilih jilbab/pashmina yang disematkan di tengkuk sehingga tidak menonjolkan panjang wajah. Jilbab/pashmina jenis turban/turkish adalah pilihan yang paling tepat digunakan. Selain jenis tersebut bisa juga menggunakan jenis jilbab segitiga, bagi yang berambuit panjang, sisa rambut sebaiknya di konde/cepol.

Untuk memberikan kesan wajah yang oval, sebaiknya menggunakan anak kerudung yang akan menutupi dahi. Gunakan ciput dengan pet kecil.

Selamat bereksperimen dengan jilbab/pashmina anda. Pastikan anda mengenali bentuk wajah anda.

5 Comments

  1. tisa_cantiek

    September 14, 2012 at 3:03 am

    wajah saya bulat sih sepertinya, saya boleh coba nih cara pakai jilbab untuk wajah yang bulat. Thanks

  2. maya sari

    November 6, 2012 at 1:37 pm

    artikelnya cara penggunaan pashminanya sungguh menarik, ayo ditunggu artikel menarik lainnya….:)

  3. laurenia adinda

    September 13, 2013 at 6:24 am

    Akhirnya ketemu juga nih dengan artikel yg tepat….makasih yah dah berikan informasi yang jelas cara memilih jilbab……ditunggu artikel lainnya yang berkaitan dengan jilbab……:)

  4. Titi Sari

    March 10, 2014 at 7:47 am

    Saya selama ini agak kesulitan sih memakai jilbab, namun berkat artikel cara memakai jilbab ini saya baca saya jadi mengerti dan banyak mengajari teman-teman juga. Makasih infonya

  5. reza pertiwi

    March 21, 2014 at 3:36 pm

    cara memilih jilbab memang gampang2 susah sih, tapi berkat artikel ini aku jadi lebih mengerti mana yang cocok buat aku. Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Content is Protected by صور