Don't Miss

Cara Merawat Kompor Gas dan Tabung Gas Agar Terhindar Dari Ledakan

By on August 25, 2012

Tabung Elpiji, Foto By : http://www.flickr.com/photos/ekoyudha/

Sejak pemerintah melakukan konversi minyak tanah ke kompor gas, telah banyak terjadi ledakan tabung gas diseluruh nusantara. Tabung jenis 3 Kg yang banyak digunakan oleh masyarakat kebawah telah banyak meledak dan mengakibatkan luka bakar bahkan korban meninggal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan tentang penggunaan dan perawatan tabung gas tersebut. Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan cara merawarat kompor gas dan tabung gas agar terhindar dari kebocoran hingga ledakan.

Adapun cara merawat kompor gas dan tabung gas adalah sebagai berikut ini :

1. Periksa karet cincin pada tabung gas, walaupun kecil karet ini sangat berperan dan penting, siapkan selalu karet cadangan.

2. Untuk selang gas usahakan masuk sampai dalam regulator dan terkunci dengan kuat hingga tidak mudah terlepas.

3. Ada baiknya menggunakan selang gas yang dibungkus dengan lapisan besi dan bersertifikat SNI, selang karet telanjang biasanya rentan tersobek dan digigit oleh tikus.

4. Periksalah selang gas setidaknya sekali dalam sebulan secara cermat dan menyeluruh.

5. Bersihkan sisa makanan pada tungku kompor dan bodi kompor setelah memasak, jangan biarkan sisa bahan masakan berada ditungku kompor gas.

6. Pada saat anda ingin menyalakan kompor gas dan tiba-tiba mencium bau gas, jangan nyalakan kompor atau peralatan yang bisa menghasilkan percikan api dan bukalah pintu serta jendela agar udara masuk dan mengalir dengan lancar.

7. Cara konvensional untuk memeriksa kebocoran yang terjadi di tabung gas biasanya dengan cara merendam tabung tersebut didalam air dan jika ada gelembung-gelembung air yang keluar maka dipastikan terjadi kebocoran pada tabung tersebut.

8. Atur jarak antar kompor dan tabung gas, setidaknya berjarak 2 Meter dan atur posisinya agar tidak sejajar.

9. Jika ada masalah pada regulator dan ingin memperbaikinya, pastikan kompor telah mati.

10. Untuk Regulator gunakan yang bersertifikat SNI dan lakukan penggantian regulator setidaknya 1 kali dalam 3 -4 tahun, untuk selang direkomendasika untuk menggantinya dalam 3 tahun.

11. Belilah tabung gas di agen resmi dan perhatikan bentuk fisiknya saat membeli, cari tabung dengan bentuk dan warna yang layak (tidak usang).

Inilah yang dapat kami jelaskan tentang cara merawat kompor gas dan tabung gas agar dapat bekerja dengan baik, terhindar dari kebocoran gas hingga ledakan tabung gas. Lakukan perawatan secara berkala dan pastikan semua komponen penting dalam kedaan baik dan layak dipergunakan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Content is Protected by صور