Don't Miss

Cara Perbaiki Hardisk Rusak Karena Bad Sector

By on August 31, 2012

Hardisk adalah salah satu komponen terpenting dalam semua komputer, dengan hardisk kita dapat menyimpan data dan menjalankan sistem operasi dikomputer. Biasanya hardisk akan mengalami kerusakan akibat pemakaian yang panjang, salah satu kerusakan hardisk yang sering terjadi adalah bad sector. Hardik yang badsector sering diakibatkan karena listrik mati ketika masih hidup. Hal ini biasa disebut bad sector secara software.

Selanjutnya bagaimanakah cara perbaiki hardisk yang bad sector secara software, mari simak beberapa cara dibawah ini menggunakan bantuan beberapa tools.

1. Gunakan Software HDD Low Level Format Tool

Sofware ini berfungsi untuk menghapus data secara permanen pada hardisk, menghapus partisi dan menghapus bagian yang terkena bad sector didalam hardisk tersebut. Dengan software HDD Low Level Format ini hardisk seperti kembali pada waktu masih baru pertama kali digunakan. Backuplah terlebih dahulu data-data pada hardisk sebelum menjalankan software ini, software ini dijalankan pada komputer yang berfungsi dengan baik dan hubungkan hardisk yang terkena bad sector pada komputer ini. Kehilangan data karena tidak melakukan backup kemungkinan besar sulit untuk merecovery data tersebut kembali.

Berikut ini kami jelaskan langkah-langkah menggunakan software HDD Low Level Format.

  • Buka situs www.hddguru.com, lihat pada website tersebut link download untuk software HDD Low Level Format, atau langsung search via google.com juga boleh.
  • Setelah selesai download, double klik untuk install klik terus sama proses instalasi selesai. Lalu jalankan program tersebut.
  • Setelah program berfungsi, maka akan mendeteksi beberapa hardisk pada komputer tersebut. Pilih hardisk yang akan diformat lalu klik continue.
  • Untuk tahap akhir klik Format This Device, tunggu hingga proses format selesai.
  • Semakin besar kapasitas hardisk yang diformat, maka akan semakin lama proses selesainya.

2. Menggunakan Software Fujitsu IDE Low level Format Utilities

Software ini diperuntukkan untuk hardisk merk fujitsu, untuk mendownloadnya dapat di klik disini.

3. Menggunakan Software Seagate’s Seatools

Software ini diperuntukkan untuk merk seagate, maxtor dan merk lainnya, untuk mendownloadnya langsung saja ke website resmi seagate.

4. Menggunakan Software Western Digital Data Lifeguard Diagnostics

Software ini diperuntukkan untuk merk western digital, untuk mendownloadnya dapat diambil dari webiste softpedia.

Sebelum melakukan cara perbaiki hardisk diatas pastikan dulu bahwa hardisk telah terbaca di bios, jika hardisk tersebut tidak terbaca di bios tentu saja kerusakan bukan karena bad sector, mungkin karena mainboard hardisk telah rusak. Kalau mainboardnya rusak tentu masih dapat diganti dengan mainboard yang sama, namun jika piringan hardisk yang rusak maka data-datapun tidak akan terselamatkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>