Don't Miss

Mau Tahu Cara Cepat Untuk Belajar Bermain Gitar

By on July 16, 2012

Bermain Gitar, Foto By : http://www.flickr.com/photos/skyman8/

Setiap orang pasti tahu apa itu musik, alat musik, jenis musik dan tentu saja pasti bisa bernyanyi. Bagi sebahagian orang Menyanyi tanpa alat musik rasanya kurang lengkap khususnya kawula muda, untuk itu mereka mencari instrumen sederhana yang dapat mengiringi mereka sambil bernyanyi. Gitar adalah salah satu pilihan instrumen musik yang banyak dipakai dalam mengiringi lagu, oleh karena itu banyak orang ingin belajar bermain gitar.

Sebelum belajar bermain gitar ada baiknya mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dari gitar tersebut, lihat gambar diatas yang menjelaskan bagian dari gitar tersebut. Gitar dimainkan dengan menekan senar dan memetik senar dimana kedua tangan kita aktif untuk memainkannya, tangan kiri menekan senar dan tangan kanan memetik/merambar senar gitar.

Belajar bermain gitar pada dasarnya adalah hal yang mudah karena dengan beberapa kunci dasar seperti  C F G D E A kita sudah bisa memainkan beberapa lagu yang kita suka. Hal yang tersulit pada tahap awal bermain gitar adalah menekan senar dan memetik senar gitar tesebut, karena pada tahap ini biasanya orang mudah menyerah karena jarinya terasa sakit saat mulai menekan senar. Kami punya beberapa cara cepat untuk belajar bermain gitar yang dapat anda coba :

  • Letakkan jempol tangan kanan pada badan gitar dan gunakan jari yang lainnya untuk memetik senar secara bergantian, pada tahap ini anda belajar memetik senar, lakukan berulang-ulang dengan semua jari anda.
  • Setelah terbiasa memetik coba lakukan merambas pada semuasenar¬† gitar secara bergantian dari atas kebawah, pada tahap ini belajar merambas/menggenjereng gitar.
  • Siapkan tangan kiri untuk menekan senar, tempatkan jempol kiri pada bagian belakang gagang gitar lalu ltekan senar gitar dengan jari secara bergantian. Pada tahap awal ini biasanya jari terasa sakit karena belum terbiasa, latihlah terus hingga jari mualai terbiasa menekan senar.
  • Lihat chord gitar dibawah ini, tekanlah senar sesuai posisi chordnya. Angka 1 untuk jari telunjuk, angka 2 untuk jari tengah, angka 3 untuk jari manis dan angka 4 untuk kelingking.

  • Sambil menekan senar sesuai chrod kombinasikan bersamaan dengan merambas/memetik tali gitar.
  • Untuk tahap awal mainkan pada chord yang mudah terlebih dahulu, misalnya C F G.
  • Main kan chord lagu yang sederhana, latih terus hingga terbiasa dan tidak ada buni yang salah.
  • Jangan terlalu dipaksakan, istrihatkan jika jari terasa sakit dan lelah.

Saat ini telah banyak video diinternet yang mengajarkan cara belajar bermain gitar yang cepat, bahkan lebih spesifik kepada lagu-lagu yang sukar dimainkan. Teruslah berlatih hingga tangan dan jari terbiasa memetik dan menekan senar, lakukan berulang-ulang pada chord yang berbeda-beda, kuasai setidaknya 5 – 10 chord terlebih dahulu, karena ada banyak jenis lagu yang hanya menggunakan 3 – 6 chord untuk memainkannya.

2 Comments

  1. joyo sentoso

    July 27, 2012 at 5:28 am

    Thanks infonya, saya akan coba seriusin untuk berlatih…:D

  2. silvia nangin

    December 12, 2013 at 9:13 am

    Makasihhhhh .
    Tapi gimana cara merambas yang tepat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>